Senin, 14 Februari 2011

Makalah Dampak Pembukaan Jalan Melintasi Hutan


KATA PENGANTAR

  Bismillaahir Rahmaanir Rahiim
Kami ucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT.,inayah dan hidayahnya,yang diberikan kepada kami dapat menyusun tugas ini dalam bentuk laporan tentang mengetahui berbagai dampak proyek pembangunan dan menganalisis dampak  penting dari proyek tersebut.Khususnya pada pembukaan jalan melintasi hutan yang dilindungi.
Selanjutnya perlu diketahui,denga munyusun laporan ini kita bisa mengetahui seluk-beluk dampak yang terjadi apabila melakukan suatu aktivitas yang mungkin kita tidak tahu.
Demikianlah kiranya yang dapat kami sampaikan dalam kata pengantar ini,semoga dengan hadirnya laporan ini dapatlah bermanfaat bagi kita semua.Amiien............
Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terwujudnya laporan ini.Karenanya semoga Allah SWT. Membalas semua kebaikan dan memberi pahala dan ampunan.


PUNYUSUN

KELOMPOK III




                                               
                                                                                                                  


i

DAFTAR ISI


Kata pengantar  .................................................................................................................   i
Daftar isi ..............................................................................................................................    ii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Laporan ...............................................................................    1
1.2 Maksud Dan Tujuan ......................................................................................    1
1.3 Rumusan Masalah .........................................................................................     1

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Dampak Dan Penyebab Rusaknya Hutan.............................................    2
2.2 Fungsi Hutan....................................................................................................    2
2.3 Dampak Negatif Pembukaan Jalan...........................................................    3
2.4 Dampak Positif Pembukaan Jalan............................................................    3
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan ......................................................................................................   5
3.2 Saran....................................................................................................................   5






                                                                                                                                                    


ii
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Laporan  ini dilatar belakangi tugas dari guru, selain itu menjadi ajang mengasah kemampuan kami dalam membuat laporan. Laporan ini berisikan tentang Dampak Proyek Pembangunan Pada Pembukaan Jalan Melintasi Hutan Yang Dilindungi. Laporan ini juga membuktikan bahwa kami menyukai Ilmu Yang berhubungan dengan Alam dan kami membuat laporan ini karena rasa ingin tahu kami terhadap alam.
1.2 Maksud dan Tujuan
Maksud dari laporan ini yaitu kami ingin memberi gambaran kepada pembaca tentang bagaimana dampak yang akan terjadi apabila membuka jalan melintasi wilayah hutan yang dilindungi, supaya bagi pembaca yang ingin membuat proyek pembangunan tersebut tidak salah dalam mengambil tindakan. Laporan ini juga bertujuan memberi wawasan dan pengetahuan yang lebih tentang mengetahui tentang dampak yang mungkin bisa terjadi pada proyek pembangunan tersebut.
1.3 Rumusan Masalah
Dalam laporan ini kami akan membahas beberapa masalah :
  • Apa itu Dampak Penting Dalam Pembuatan Proyek
  • Bagaimana Memecahkan Masalah Apabila Terjadi Kesalahan/ Dampak Dalam Pembutan Proyek Tersebut
  • dll.











1

BAB II
PEMBAHASAN
Sejak kecil kita diajarkan untuk menyiram bunga, merawat tumbuhan, dan menanam pohon. Kelak, apabila dewasa diharapkan tumbuh rasa cinta kepada pohon. Namun, saat dewasa kita dihadapkan pad akenyataan pahit. Pembabatan hutan yang sangat tak terkendali. Kita tidak dapat mengukur berapa juta pohon yang sudah dibabat. Bukan rahasia umum lagi, jika illegal logging (pembalakan liar) dan penyitaan kayu-kayu illegal pada akhirnya tetap lolos, bahkan kayu hasil sitaan dilelang dan ditebus kembali oleh para cukong.
Darori mengatakan, dari sisi konservasi pembukaan lahan kawasan untuk jalan sering akhirnya menjadi penyebab cepat rusaknya hutan atau tidak berkembangnya satwa liar. Hal itu karena pembukaan jalan baru dalam kawasan konservasi merupakan salah satu penyebab rusaknya habitat disamping perambahan yang mengancam kelestarian satwa. Sementara di satu sisi, kebutuhan pembukaan lahan untuk pembangunan jalan untuk pengembangan daerah juga perlu.
Dampak dan Penyebab Kerusakan Hutan
  • Kebakaran hutan berdampak negatif bagi kesehatan, mengganggu transportasi darat, laut, dan udara. Gambar satelit menunjukkan titik api dimulai di daerah perusahaan perkebunan kelapa sawit dan pulp (kertas).
  • Di Kalimantan Selatan, lahan pertanian sangat kurang, apabila sudah ditanami, tanah tidak potensial lagi. Berladang bagi masyarakat Dayak Kalimantan untuk keperluan pangan, bukan komersil. Bekas bukaan ladang di tepian hutan ditumbuhi rumput dan tanaman muda bagus untuk santapan hewan.
  • Penebang liar hanya mampu mengambil kayu yang jaraknya dekat. Tidak bisa mengambil kayu yang dilewati sungai dan perbukitan. Bandingkan dengan pembalakan liar yang menggunakan alat berat modern mampu menjangkau lokasi dan kawasan hutan mana saja.
  • Pohon-pohon besar dan kecil ditebang dan tidak ada regenerasi. Hujan banjir, kemarau kekeringan.
  • Kerusakan hutan memperparah pemanasan global. Gas rumah kaca, khususnya CO2 dan chloro fluorocarbon yang karbon dihasilkan dari penggunaan batubara, minyak bumi, gas, penggundulan hutan, serta pembakaran hutan. Hutan merupakan paru-paru bumi yang mempunyai fungsi mengabsorsi gas CO2 agar ozon tidak rusak.
  • Dalam mengelola hutan, kepentingan ekonomi lebih dominan daripada kepentingan ekologi. Penegakan hukum lemah dan merugikan keuangan negara.
  • Pembalakan liar adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah. Malaysia disinyalir merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia.
  • Transmigrasi dilaksanakan bukan lagi pemindahan penduduk, melainkan upaya pengembangan wilayah.
Fungsi Hutan dan Program Penyelamatan Paru-paru Bumi
  • Daun, ranting, dan dahan rapat menjaga sinar matahari agar tidak tembus leluasa ke bawah pohon. Kerapatan daun fungsinya sangat besar, yaitu melindungi kawasan semak belukar di bawahnya agar dedaunan yang
2

membusuk menjadi humus dan menyerap air sebagai persediaan air hujan jika musim kemarau tiba.
  • Fungsi hutan sebagai penyimpan air tanah akan terganggu akibat pengrusakan hutan yang terus-menerus.
  • Hutan yang masih perawan, sinar matahari tidak menembus ke bawah sehingga daun-daun lapuk selalu basah walau di musim kemarau sekalipun sehingga tidak mudah dilalap api.
v DAMPAK NEGATIF PEMBUKAAN HUTAN MELINTASI HUTAN LINDUNG
 
1.      Dampak kerusakan terhadap ekologi lingkungan
Penebangan hutan secara ilegal ini juga menimbulkan akibat yang sangat merugikan bagi hutan itu sendiri maupun lingkungan di sekelilingnya. Secara umum, dampak penebangan hutan menyebabkan: pertama, masalah pemanasan global; kedua, masalah degradasi tanah; dan ketiga, mempercepat kepunahan keanekaragaman hayati di dalamnya.
2.       Masalah pemanasan global
Para ahli memperkirakan bahwa dampak dari pemanasan global akan sangat meningkat bila kelestarian dan keutuhan hutan tidak dipelihara. Ada beberapa akibat yang akan muncul akibat pemanasan global ini, antara lain terjadinya perubahan iklim. Hal ini akan mempercepat penguapan air sehingga berpengaruh pada curah hujan dan distribusinya. Akibat selanjutnya adalah terjadinya banjir dan erosi di daerah-daerah tertentu. Seperti kasus yang terjadi di Pontianak
( Kalimantan Barat ) dan Nias ( Sumatra Utara ) yang menelan korban materi dan nyawa yang sangat besar. Musim kering yang berkepanjangan juga akan melanda daerah-daerah yang areal hutannya digunduli, bahkan dibakar. Sebagai contoh adalah kebakaran hutan Kalimantan Barat. Resiko yang timbul kemudian adalah banyaknya lahan yang dibiarkan kosong.

3.      Masalah degradasi tanah
Penebangan hutan secara tak terkendali pasti juga menyebabkan degradasi tanah dan berkurangnya kesuburan tanah. Data dari Biro Pusat Statistik menyebutkan bahwa lahan produktif yang telah diolah di Indonesia sebanyak 17.665.000 hektar. Sebesar 70 % dari lahan itu adalah lahan kering. Sisanya


3
 adalah lahan basah. Akibat penebangan liar yang terjadi banyak lahan kering
4.       yang tidak digarap. Akibatnya erosi menjadi mudah terjadi dan tanah berkurang kesuburannya.
5.      Masalah kepunahan keranekaragaman hayati
Masalah ini cukup mendapat perhatian penting saat ini. Berdasar penelitian para ahli, dikatakan bahwa jumlah spesies binatang atau spesies burung semakin berkurang, khususnya di Kalimantan Barat. Akibat penebangan hutan yang dilakukan terus menerus, banyak hewan yang menyingkir dan mencari habitat yang baru. Misalnya, harimau Kalimantan semakin terjepit karena tempat tinggalnya semakin sempit dan terus di babat. Bukan tidak mungkin bahwa tahun-tahun mendatang spesies harimau akan punah. Para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2015 dengan penggundulan hutan tropis di Kalimantan akan menyebabkan punahnya 4-8% spesies dan 17,35 % pada tahun 2040.
v DAMPAK POSITIF PEMBUKAAN JALAN MELINTASI HUTAN LINDUNG
 
1.      Sebagai sarana tranportasi
Bagi  masyarakat jalan merupakan sarana transportasi yang sangat penting , karena hanya dengan pembukaan jalan mereka bisa dengan leluasa pergi apalagi untuk para pedagang ,
2.       mengalihkan arus lalu lintas yang melewati kota, yaitu dengan pembangunan jalan lingkar yang  nantinya diharapkan dapat mengatasi permasalahan lalu lintas yangterjadi di Kota
3.      Bisa mengurangi kemacetan lalu lintas yang  terjadi, seperti yang terjadi di kota-kota besar. Jadi, dengan pembukaan jalan ini diharapkan agar dapat mengurangi kemacetan serta dapat mencegah kecelakaan yang diakibatkan oleh kemacetan, mengapa? Karena dengan adanya kemacetan  banyak kenderaan yang saling bertabrakan.
4.      sebagai tanggul banjir untuk mencegah luapan air dari areal persawahan ke perkampungan




4
PENUTUP

A.  KESIMPULAN

Pembukaan jalan melintasi hutan yang dilindungi dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar dan pengguna transportasi pada umumnya. Selain itu,  dengan adanya jalan tersebut dapat mengurangi kemacetan lalu lintas utama yang di daerah Jakarta.

B.  SARAN
1.    Masyarakat harus lebih teliti dalam pembangunan proyek, sehingga kelestarian alam dapat diseimbangkan
2.    Sebaiknya dalam pebuatan jalan tersebut pemerintah dapat meminta izin kepada warga setempat, agar di kemudian hari tidak terjadi kesalah pahaman antara pemerintah dengan warga masyarakat





















5

3 komentar:

  1. Thanks ya udah mau buat blog tentang ini...
    izin copas buat tugas sekolah.

    Best Regard
    Eka Gazerock

    BalasHapus